The Byte Converter

Byte Kilobyte Megabyte Gigabyte

1 Byte = 8 Bit
1 Kilobyte = 1024 Bytes
1 Megabyte = 1048576 Bytes
1 Gigabyte = 1073741824 Bytes


The Byte Converter by Malte Philipp

Tuesday, November 24, 2009

berapa kamu butuh protein setiap harinya?

setiap hari kita butuh kandungan nutrisi yang cukup. tentu saja hal tersebut berguna agar tubuh kita tidak terganggu kinerjanya.ngomongin soal protein, sudah banyak yang tau dong kalo protein itu peran utamanya dalam hal regenerasi sel sebagai zat pembangun. nah, kalo protein kita ga cukup, berarti pertumbuhan kita juga ikut terhambat dong?


tapi darimana kita tahu kalau kebutuhan protein kita ini mencukupi atau tidak? nah ini permasalahannya. kadang kita lupa loh, kebanyakan makan eh tapi kebutuhan protein bagi tubuh dilupakan. ini sudah banyak kasus, dimana orang paling doyan mengemil makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi dibanding proteinnya hehehe.


karbohidrat jelas saja diminati, karena dia itu memang sumber energi yang utama, juga punya rasa yang manis. gula adalah salah satu contoh yang mengandung karbohidrat. sedangkan lemak pasti diminati karena bikin kenyang yah?


oke, sekarang kembali ke protein. ada cara simpel mengukur berapa protein yang kita butuhkan setiap harinya yaitu dengan menghitung berat badan


yupz, berat badan kita diibaratkan 1kg sama dengan 1gr protein per hari.


jadi jika kita berat badannya 60kg berarti kebutuhan proteinnya sebesar 60gram per hari loh


untuk protein hewaninya, kita ibaratkan seperempat dari kebutuhan protein perharinya. jadi jika dengan contoh di atas, berarti kebutuhan protein hewaninya sebesar seperempatnya yaitu 15 gram per harinya.


untuk kebutuhan protein ternaknya, kita ibaratkan sepertiga dari kebutuhan protein hewani per hari. jadi dengan contoh di atas, berarti kebutuhan protein ternaknya sebesar 5 gram per harinya.


sedangkan untuk protein nabatinya, ya tinggal selisih antara kebutuhan protein per harinya dengan protein hewani per harinya saja.


hal tersebut nantinya bisa kita ukur seberapa banyak sih misalnya produk peternakan yang kita butuhkan agar protein kita tercukupi.


contohnya saja nih, misalnya telur yang bobotnya 35 gram dengan kandungan protein telur sebesar 2,7% berapa butir telur yang kita perlukan dalam sehari agar kandungan protein kita tercukupi?


berarti tinggal kita hitung besarnya kandungan protein telur dari 35 gram telur tersebut, yaitu dengan 2,7%nya dari 35 gram. maka akan didapatkan 0,945 gram.


maka banyaknya butir telur yang kita perlukan adalah protein ternak yang dibutuhkan per hari dibagi besarnya kandungan protein telur dari 35 gram telur tersebut yaitu 5 gram dibagi 0,945 gram maka sebesar 5 – 6 butir telur setiap harinya deh ;)


nah gimana? hal tersebut juga berlaku bagi produk peternakan lainnya ^ ^


mari sejahterakan hidup kita ^ ^


Sumber : http://shinobigatakutmati.wordpress.com/2007/11/02/berapa-kamu-butuh-protein-setiap-harinya/