S.O.S. = Save Our Soul, _ Mayday – Mayday – Mayday - …  …
 … - … … … - … …  …
 Mayday = Panggilan internasional dengan  radio minta bantuan dari sebuah kapal atau pesawat  terbang.
 Seorang ekspatriat yang tinggal di  Jakarta 
 Mr.  X-File.
 Fear Factor : Flying in Indonesia 
 Pada waktu saya kembali dari liburan  di Bali , saya menggunakan Adam Air rute  Denpasar – Jakarta. Saya mendengar maskapai yang relatif baru ini dari  beberapa teman, yang menyebutkan bahwa maskapai ini mempunyai pesawat-pesawat  yang relatif baru dan diijinkan terbang ke Singapura. Kedengarannya  maskapai ini sangatlah bagus, khususnya jika menyangkut masalah tiket sekali  jalan yang hanya Rp. 295.00,- yang sedikit lebih mahal dari penerbangan  “metro-mini” Lion Air. Penawaran ini sangat bagus, berdasarkan pengalaman  saya tinggal beberapa tahun di Indonesia 
 Bagaimanapun, saya  memutuskan untuk mencoba keberuntungan saya dan terbang bersama Adam Air, yang  ternyata banyak orang juga berfikir sama karena pesawatnya sudah penuh di  booking? Dibandingkan dengan Garuda yang nyaris tanpa  penumpang.
 Waktu naik pesawat Adam Air, saya  segera melihat bahwa Boeing 737-400 tersebut, engine cover-nya penuh  dengan goresan (scratch), sayapnya sangat kotor dan banyak cat-nya  yang cacat, pintunya juga terlihat sangat tua dan sangat jauh dari  ekpektasi saya akan pesawat baru. Bagaimanapun, saya tetap memutuskan untuk  menguji level keberanian saya untuk tetap terbang dan masuk ke pesawat. Sebagai  catatan, saya mencatat kode registrasi pesawat PK-KKI (lihat Table Adam Air di  bawah).
 Sesampainya di Jakarta, saya mencari  kode tersebut di database penerbangan dan “Pesawat Baru” tersebut pertama  kali terbang pada 10 Desember 1988, yang artinya umurnya sudah 17  tahun, dan kalau dibandingkan dengan umur manusia, berarti usianya menjelang  50 tahun. Dalam catatannya juga disebutkan bahwa pesawat ini mempunyai jam  terbang yang tinggi, dimana sebelumnya digunakan oleh Sahara  India  Airlines, Sierra  National Airline dan Air Belgium 
 Mengikuti rasa keingintahuan saya,  coba lihat Tabal Pesawat Adam Air berikut yang menyajikan informasi umur  dari masing-masing pesawat.
 | No | Registrasi | Penerbangan        Pertama | Umur | 
| 1 | PK-KKF        737-200 | 12-02-1980 | 26 | 
| 2 | PK-KKN        737-200 | 21-03-1980 | 25 | 
| 3 | PK-KKQ        737-200 | 16-01-1981 | 25 | 
| 4 | PK-KKJ        737-200 | 03-02-1982 | 24 | 
| 5 | PK-KKL        737-200 | 12-04-1984 | 21 | 
| 6 | PK-KKE        737-300 | 31-08-1987 | 18 | 
| 7 | PK-KKP        737-200 | 31-05-1988 | 17 | 
| 8 | PK-KKH        737-400 | 11-07-1988 | 17 | 
| 9 | PK-KKU        737-300 | 04-08-1988 | 17 | 
| 10 | PK-KKI        737-400 | 10-12-1988 | 17 | 
| 12 | PK-KKD        737-400 | 22-12-1988 | 17 | 
| 13 | PK-KKR        737-300 | 09-01-1989 | 17 | 
| 14 | PK-KKS        737-400 | 28-01-1989 | 17 | 
| 15 | PK-KKT        737-400 | 05-09-1989 | 16 | 
| 16 | PK-KKG        737-400 | 07-01-1991 | 15 | 
| 17 | PK-KKC        737-400 | 09-01-1992 | 14 | 
| 18 | PK-KKA        737-500 | 10-06-1997 (hanya satu        pesawat yang agak aman?? Bagaimana dengan yang        lain??) | 08 | 
Melihat tabal tersebut,  saya benar-benar beruntung, dimana pesawat berumur 17 tahun yang saya  tumpangi termasuk yang baru dibandingkan dengan pesawat Adam Air lain dengan  kode regirtrasi PK-KKN (KKN adalah singkatan paling popular di Indonesia untuk  Korupsi-Kolusi-Nepotisme), yang umurnya 25 tahun.
 Dibandingkan dengan  usia manusia, pesawat ini sama dengan manusia berumur hamper 80 tahun dan  mungkin sudah memesan tempat di  kuburan.
 Berdasarkan tabel di atas, kita bisa  menghitung umur rata-rata pesawat Adam Air, yaitu 18 tahun. Sebenarnya,  hanya ada satu pesawat yang umurnya kurang dari 10 tahun, dan jika saya tidak  salah, ini pasti pesawat yang diijinkan mendarat di  Singapura.
 Jelas, banyak penumpang memilih Adam  Air karena berfikir tentang pesawat yang baru, padahal armada sebenarnya  dipenuhi oleh pesawat polesan seperti baru (refurbished) dengan hanya satu  pesawat yang relatif baru, yang digunakan tim marketing   Adam Air untuk menciptakan image, atau lebih tepat khayalan, tentang  terbang dengan pesawat baru. Mungkin definisi Adam Air tentang pesawat  “baru” adalah definisi untuk penerbangan lokal Indonesia 
 Untuk memverifikasi hal tersebut,  saya membandingkan umur rata-rata pesawat dari beberapa penerbangan di  Indonesia 
 Garuda  Indonesia 
 Lion Air                                                  Umur 17.3 tahun
 Adam Air                                               Umur 18.1 tahun
 Awair                                                    Umur 18.8 tahun 
 Merpati                                                Umur 21.6 tahun
 Sriwijaya  Air                                        Umur 23.5 tahun
 Mandala  Airlines                                Umur 23.9 tahun
 Bouraq Indonesia 
 Mengejutkan! Dengan armada berumur  18 tahun, Adam Air menempati urutan ketiga dari armada  dengan pesawat terbaru di Indonesia Indonesia 
 Hal lain yang sangat  mengejutkan adalah Lion Air menempati urutan kedua  dengan armada sedikit lebih muda, yaitu 17 tahun?? Itu hampir setengah  kali lebih tua dari armada Garuda Indonesia 
 Urutan terakhir  ditempati oleh Bouraq Indonesian  Airlines, dengan umur pesawat  25 tahun, yang memberikan saya ide tentang Fear Factor stunt-man “Terbang  bersama Bouraq” untuk trial & error penyakit ketakutan terbang (flying  phobia).
 Mandala  Airlines menempati  urutan kedua dari terakhir. Melihat hal ini, saya teringat dengan kecelakaan  pesawat Mandala Boeing 737-200 pada 5 September 2005 yang menelan korban hampir  150 orang. Pada saat kejadian, pesawat PK-RIM tersebut berumur 24  tahun.
 Sebagai pembanding, pesawat Lion  Air McDonell-Douglas MD-82 yang mengalami kecelakaan di Airport Solo pada  30 November 2004 dan menelan korban 25 orang, berumur 20 tahun. Pada  laporan terakhirnya, jam terbang pesawat tersebut 56,674 jam dan telah  melakukan pendaratan 43,940 kali!
 Saya pikir bukanlah suatu kebetulan  kalo pesawat-pesawat yang mengalami kecelakaan berumur paling tidak 20  tahun. Sebagai pembanding, saya mengecek umur rata-rata pesawat dari  maskapai-maskapai pemilik sebelumnya pesawat Adam Air PK-KKI yang saya  tumpangi.
 Blue Panorama  Airlines                    Umur 11.6 tahun
 Sahara  India 
 Sangat menarik  ternyata, 11.6 tahun dan 10.5 tahun, yang membuktikan bahwa kedua maskapai di  atas merasa bahwa pesawat tersebut terlalu tua untuk beroperasi, sementara  manajemen Adam Air berpikir bahwa mengoperasikan pesawat  berumur 17 tahun adalah benar-benar tidak bermasalah??? SNOBBISH ! But  FOOLISH ? (Congkak! Tapi Tolol?)
 Mencari di beberapa Koran, saya  menemukan beberapa artikel yang bisa menjadi kesimpulan dari tulisan  ini.
 Yang pertama datang  dari The Jakarta 
 Pesawat tersebut berangkat dari  Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pada jam 6:20 a.m. dengan 145 penumpang. Pesawat  dijadwalkan mendarat di Bandara Hasanuddin Makassar pada jam 9:25 a.m.  waktu setempat. Begitu menurut Suwandi, Supervisor Adam Air di  Makassar.
 “Tapi, masalah  navigasi membuat pilot Tri Tuniogo kehilangan kontak dengan  bandara tujuan”, ucap Suwandi. Pesawat kemudian ditemukan telah mendarat di  Tambolaka pada jam 9:45 a.m. waktu setempat.
 “Tidak ada yang terluka dalam  insiden ini”, ucap Didik, public relation Adam Air Jakarta, yang  menambahkan juga bahwa pendaratan darurat dilakukan karena kondisi cuaca yang  buruk. “Berdasarkan kondisi cuaca, terjadi badai atau hujan lebat yang  memaksa pilot untuk mendarat – kami belum mendapat  informasi lebih lanjut,” ucap Didik. Jadi, ini masalah  cuaca buruk dan pesawat harus mendarat. Tidak ada yang aneh kan 
 Kementrian Perhubungan mengangap  Adam Air telah melakukan pelanggaran serius dalam pengoprasian pesawat,  tapi masih memerlukan bukti mengenai insiden serius pada sistem navigasi  pesawat. “Ini adalah pelanggaran serius dan yang pertama kali terjadi pada  penerbangan di Indonesia 
 Pesawat Adam Air  Boeing 737-300 dengan nomer penerbangan DHI728, melakukan pendaratan  darurat di Tambolaka, Sumba Barat-NTT, setelah berputar-putar selama 3 jam  karena kegagalan navigasi dalam perjalanannya dari Jakarta melewati NTT, dimana  dirjen mengatakan bahwa pesawat tersebut seharusnya tidak boleh terbang karena  masih ada pemeriksaan yang tertunda oleh Komite Nasional Keselamatan  Transportasi (KNKT) dan Direktorat Sertifikasi Kelayakan  Terbang.
 Itu sangat menarik!  Awalnya insiden ini terjadi karena cuaca buruk, dan sekarang karena  kegagalan sistem navigasi. Huh? 
 Saya pikir cerita sebenarnya adalah  pelanggaran serius yang dilakukan oleh Adam Air. Untuk Anda ketahui, dua  orang teman saya terbang dari Manado 
 Mungkin Anda  bertanya-tanya seberapa tua Boeng 737-300 yang mengalami kegagalan sistem  navigasi tersebut. Melihat umur armada Boeng 737-300 Adam Air, pesawat tersebut  pastilah berumur paling tidak 17 tahun. Mungkin pesawat terlalu muda 3  tahun untuk masuk dalam daftar kecelakaan pesawat di Indonesia 
 Lihat gambaran  keseluruhannya, saya memprediksi akan  ada paling tidak satu kecelakaan pesawat lagi di Indonesia 
 Have a nice flight  everyone !

 
 
