KECERDASAN  LINGUISTIK
kemampuan untuk menggunakan bahasa untuk  mendeskripsikan kejadian, membangun kepercayaan dan kedekatan, mengembangkan  argumen logika dan retorika, atau mengungkapkan ekspresi dan metafora. Beberapa  jenis pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan linguistik adalah wartawan dan  reporter, tenaga penjual, penyair, copywriter, penulis dan pengacara.  
KECERDASAN  LOGIKA-MATEMATIKA
kemampuan menggunakan angka-angka untuk  menghitung dan mendeskripsikan sesuatu, menggunakan konsep matematis,  menganalisa berbagai permasalahan secara logis, menerapkan matematika pada  kehidupan sehari-hari, peka terhadap pola tertentu, serta menelaaj berbagai  permasalahan secara ilmiah. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan  logika matematika adalah : akuntan, ahli statistik, insinyur, penemu, pedagang,  dan pembuat program komputer. 
KECERDASAN  MUSIKAL
kemampuan untuk mengerti dan mengembangkan  teknik musikal, merespon terhadap musik, menggunakan musik sebagai sarana untuk  berkomunikasi, menginterpretasikan bentuk dan ide musikal, dan menciptakan  pertunjukan dan komposisi yang ekspresif. Beberapa jenis pekerjaan yang  membutuhkan kecerdasan musical adalah guru musik, pembuat instrumen atau alat  musik, pemain band atau konduktor, DJ, kritikus musik, kolektor musik, pencipta  lagu atau penyanyi. 
KECERDASAN  SPASIAL
kemampuan untuk mengenali pola ruang secara  akurat, menginterpretasikan ide grafis dan spasial serta menterjemahkan pola  ruang secara tepat. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan spasial  adalah photographer, decorator ruang, perancang busana, arsitek, pembuat film.  
KECERDASAN  KINESTETIK (BODILY-KINESTHETIC)
kemampuan untuk menggunakan seluruh atau  sebagian dari tubuh untuk melakukan sesuatu, membangun kedekatan untuk  mengkonsolidasikan and meyakinkan serta mendukung orang lain, dan menggunakannya  untuk menciptakan bentuk ekspresi baru. Beberapa jenis pekerjaan yang  membutuhkan kecerdasan ini adalah mekanik, pelatih, pengrajin, atlet, aktor,  penari atau koreografer. 
KECERDASAN  INTERPERSONAL
kemampuan untuk mengorganisasikan orang lain  dan mengkomunikasikan secara jelas apa yang perlu dilakukan, berempati kepada  orang lain, membedakan dan menginterpretasikan berbagai jenis komunikasi dengan  orang lain, dan memahami intensi, hasrat, dan motivasi orang lain. Beberapa  jenis pekerjaan yang menggunakan kecerdasan interpersonal adalah manajer,  politisi, pekerja sosial, pemimpin, psikolog, guru atau konsultan.  
KECERDASAN  INTRAPERSONAL
kemampuan untuk menilai kekuatan kelemahan,  bakat, ketertarikan diri sendiri serta menggunakannya untuk menentukan tujuan,  menyusun dan mengembangkan konsep dan teori berdasarkan pemeriksaan kedalam diri  sendiri, memahami perasaan, intuisi, temperamen, dan menggunakannya untuk  mengekpresikan pandangan pribadi. Beberapa jenis pekerjaan yang menggunakan  kecerdasan ini adalah perencana, pemuka agama, atau ahli filosofi.  
KECERDASAN  NATURALIS
kemampuan untuk mengenali dan mengelompokkan  dan menggambarkan berbagai macam keistimewaan yang ada di lingkungannya.  Beberapa pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan naturalis ini adalah ahli biologi  atau ahli konservasi lingkungan. 
Selain kedelapan jenis kecerdasan diatas,  ternyata masih ada bentuk kecerdasan lain, yaitu 
Kecerdasan  Eksistensial
kemampuan untuk menikmati  pemikiran-pemikiran dan ingin tahu mengenai kehidupan, kematian dan realita yang  ada. Anak-anak dengan tingkat kecerdasan eksistensial yang tinggi mungkin akan  menunjukkan keingintahuan mengenai bagaiman bumi bertahun-tahun yang lalu,  mengapa kita ada di bumi, apakah ada kehidupan di planet lain, kemana mahluk  hidup setelah mati, apakah ada dimensi kehiduapn lain dan berbagai pertanyaan  sejenis. 
BAGAIMANA  MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK SI KECIL  ?
Kecerdasan  Interpersonal
Secara umum, anak-anak dengan kecerdasan  interpersonal tinggi akan dengan senang hati mengikuti semua kelompok kegiatan  di dalam dan luar sekolah serta mudah berteman dimanapun ia berada. Anda dapat  mendorongnya untuk menunjukkan perilaku yang baik dalam berteman. Anda bisa  menuliskan berbagai perilaku yang anda ingin ia kembangkan. Namun ingatlah bahwa  orang tua adalah contoh terdekat bagi anak anda. Jika anda ingin mereka bersikap  sopan, maka anda pun harus bersikap yang sama, mereka akan mendengarkan anda  jika anda juga mau mendengarkan mereka. 
Kecerdasan  Intrapersonal
Bantu anak-anak untuk belajar menentukan  tujuan. Dorong mereka untuk membuat daftar hal-hal yang mereka inginkan atau  ingin mereka lakukan lebih baik. Bantu mereka untuk memilah-milah tujuan  tersebut menjadi langkah-langkah kecil. 
Kecerdasan  Logika-Matematika
Jika mereka terus bertanya mengenai cara  kerja suatu benda, jawablah pertanyaan meerka dengan sabar dan dorong mereka  untuk terus bertanya. Jika meerka inginmelakukan sesuatu tanpa bantuan orang  lain, biarkan mereka mencobanya dahulu dan berikan motivasi untuk melakukannya  sampai selesai. Jika mereka melakukan kesalahan, jelaskan dengan sabar dan  jangan katakan bahwa anda sudah tahu bahwa cara itu tidak akan berhasil. Dorong  mereka untuk ikut dalam kegiatan yang banyak membutuhkan kemampuan menyelesaikan  masalah dan berpikir kritis misalnya klub catur atau klub robotik. Beberapa  permainan yang bisa mengembangkan kecerdasan ini adalah catur, puzzle, Halma,  Stratego, Risk atau Sudoku. 
Kecerdasan  Linguistik
Anak-anak dengan tingkat kecerdasan  linguistik tinggi gemar menulis, membaca dan berbicara. Biarkan mereka  berdiskusi mengenai buku atau sesuatu yang mereka baca. Untuk memperkaya kosa  kata mereka, berikan permainan seperti Boggle atau Scrabble.  
Kecerdasan Visual  Spasial
Berikan kesempatan bagi anak-anak untuk  mengembangkan imajinasi mereka melalui melukis, menggambar, mewarnai, dan  kegiatan sejenis. Kembangkan kreativitas mereka dengan mendorong mereka untuk  merancang pakaian atau bangunan. Beberapa permainan yang mendukung kecerdasan  visual spasial adalah LEGO dan Blokus. 
Kecerdasan  Musikal
Dorong anak anda untuk bergabung dengan  kelompok paduan suara atau band di sekolah. Miliki satu jenis alat musik di  rumah dan daftarkan ia ke dalam kursus musik. Perdengarkan berbagai jenis alat  musik. Ajak mereka untuk mengarang lagu yang sesuai dengan kegiatan mereka saat  itu. 
Kecerdasan  Kinestetik
Untuk mengembangkan jenis kecerdasan ini,  dorong mereka untuk bergabung dalam tim olahraga di sekolah. Ajak mereka untuk  melakukan kegiatan olah raga seperti berenang. Daftarkan mereka ke dalam kelas  tari. 
BAGAIMANA  MENGIDENTIFIKASI KECERDASAN MAJEMUK SI KECIL  ?
Ada berbagai cara untuk mengidentifikasi  kecerdasan majemuk si kecil. Anda bisa datang ke psikolog dan minta untuk  dilakukan tes terhadapnya. Masalahnya tes yang dilakukan umumnya berupa  pertanyaan verbal dengan kunci jawaban yang standar. Hal ini bisa menjadi  masalah jika si anak tidak mengerti benar pertanyaan yang diajukan karena  berbagai alasan, misalnya perbedaan bahasa atau istilah yang digunakan, kondisi  anak pada saat tes dilakukan (capek, ngantuk, marah) atau hambatan lain seperti  spektrum autisme. Untuk mengatasi masalah tersebut, cara lain untuk mengukur  kecerdasan majemuk si kecil adalah dengan melakukan tes sidik jari. Berbagai  hasil riset dari para ahli dermatoglyphics (ilmu yang mempelajari pola kulit)  menunjukkan bahwa sidik jari berhubungan erat dengan perkembangan sistem syaraf  seseorang. Hasil tes sidik jari ini dipercaya jauh lebih akurat daripada tes  verbal. Cara termudah (dan temurah) adalah dengan melakukan pengamatan sendiri  terhadap anak Anda. Berhati-hatilah dalam melakukan pengamatan. Anak anda  mungkin mendapat nilai jelek dan tidak suka pada pelajaran matematika, namun  sebenarnya dia memiliki tingkat kecerdasan logika matematika yang tinggi. Nilai  jelek hanya karena dia tidak suka dan tidak mengerti cara mengajar sang guru  matematika. 
BEBERAPA  PERTANYAAN UNTUK MEMBANTU MENGIDENTIFIKASI KECERDASAN MAJEMUK ANAK  ANDA
Kecerdasan Logika  Matematika
Apakah anak anda :  
- Menyenangi pelajaran matematika? 
- Senang menyelesaikan berbagai soal matematika? 
- Senang bekerja dengan komputer? 
- Sering bertanya mengenai cara kerja suatu benda? 
- Senang permainan yang menggunakan strategi, seperti puzzle, catur    atau othello? 
- Senang melakukan percobaan ilmiah? 
Kecerdasan  Linguistik
Apakah anak anda :  
- Senang membaca buku? 
- Senang belajar kosa kata baru dan menggunakannya dalam berbicara    atau menulis? 
- Senang bercerita atau mendengarkan cerita? 
- Memiliki ingatan yang baik tentang orang, tempat, nama dan tanggal?    
- Sering kesal jika seseorang salah menggunakan kata?    
Kecerdasan  Spasial
Apakah anak anda :  
- Senang menggambar? 
- Atau senang mencoret-coret di atas kertas? 
- Senang berkhayal? 
- Lebih mudah membaca peta, gambar dan diagram dibandingkan tulisan?    
- Dapat menemukan jalan di tempat baru tanpa harus ditunjukkan?    
- Senang membongkar sesuatu dan menggabungkannya kembali?    
- Senang bermain balok 3 dimensi seperti LEGO?  
Kecerdasan  Kinestetik
Apakah anak anda : 
- Tidak bisa diam atau kakinya terus bergerak ketika sedang duduk    untuk waktu yang agak lama? 
- Senang melakukan kegiatan seperti berenang, berlari, naik sepeda    atau bermain sepatu roda? 
- Menggunakan bahasa tubuh dan gerakan tangan ketika berbicara dengan    orang lain? 
- Ingin menyentuh benda yang baru dikenalnya/ dilihatnya?    
- Senang mencoba kegiatan olah raga baru dan tidak cepat lelah?    
- Menunjukkan gerakan fisik yang berbeda sewaktu sedang berpikir atau    bekerja? 
- Menirukan gerakan tubuh orang lain? 
Kecerdsan  Musikal
Apakah anak anda : 
- Senang mendengarkan musik? 
- Senang bernyanyi atau bersenandung? 
- Kesal jika suara musik dimatikan? 
- Senang memainkan alat musik? 
- Mudah mingingat irama suatu lagu walaupun baru mendengar satu kali?    
- Memilki suara yang indah? 
Kecerdasan  Interpersonal
Apakah anak anda : 
- Memiliki dua atau lebih sahabat dekat? 
- Mengerti perasaan teman mereka dari raut wajah, gerakan tubuh dan    suara? 
- Memperhatikan perasaan temannya? 
- Bisa berempati dengan orang lain? 
- Membantu temannya menyelesaikan masalahnya? 
- 'Street Smart' ? 
- Menempati posisi di organisasi sekolah atau kelompok?    
- Merupakan pemimpin secara alamiah? 
Kecerdasan  Intrapersonal
Apakah anak anda : 
- Senang menyendiri? 
- Membutuhkan tempat yang tenang untuk dirinya? 
- Bisa mengekspresikan perasasnnya secara tepat? 
- Memiliki ketertarikan atau hobi yang tidak suka ia bicarakan?    
- Menunjukkan kemandirian dan keras kepala? 
- Memiliki kemampuan untuk menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya?    
Kecerdasan  Naturalis
Apakah anak anda : 
- Senang berada di luar ruangan dan senang bersepeda, mendaki gunung,    berkemah, atau memancing? 
- Senang mengkoleksi hal-hal yang berkaitan dengan alam misalnya    bebatuan, bunga, dll? 
- Tertarik dengan alam dan berusaha mempelajari secara rinci?    
- Senang mengamati hal-hal yang terjadi di alam? 
- Mempelajari hal-hal yang ditemukannya di alam? 
- Senang mengamati bintang, bulan atau gelombang dan berusaha mencari    informasi mengenai hal tersebut? 
- Senang binatang dan mau mempelajarinya? 
Sumber : BeingMom.org  [http://beingmom.org/index.php/2007/11/09/multiple-intelligence/]

 
 
